Lilypie 1st Birthday Ticker

14 December 2007

Zamzar - Free Online File Conversion

Sering kesulitan untuk mencari software untuk mengkonversi suatu file ke dalam bentuk format yang lain? Mengubah file PDF menjadi format .doc (Word) atau .xls (Excel/Spreadsheet)? Atau mungkin mengubah .mp3 menjadi .aac atau .wma?

Software konversi ini banyak tersedia dan banyak macemnya. Biasanya, kita memerlukan software yg berbeda untuk masing-masing jenis konversi (dokumen, audio, atau video). Belum lagi harga tidak banyak software-software yg seperti ini gratis tersedia di download di Internet. Paling banter, kita hanya bisa mendownload trial software yg hanya dapat digunakan dalam periode waktu tertentu dan batas waktu tertentu.

Hari ini, setelah baca dari detik.com, ada artikel yg menerangkan tentang cara mengkonversi file PDF ke format Doc. Dan ternyata, cara yg digunakan adalah menggunakan online file conversion. Online? Iya. Jadi, instead of kita mendownload software, malah kita mengirim (baca:upload) file yg akan kita konversi ke mereka, melalui sebuah website. Nama website tersebut adalah Zamzar.


Caranya pun cukup gampang. Gw coba jelasin step-by-step, walau pun sebenarya petunjuk di website sudah jelas dan sangat user friendly.

  1. Buka website http://www.zamzar.com/
  2. Tentukan file yg akan dikonversi. Hanya exstension-extension tertentu yg saat ini di-support oleh Zamzar. Tapi walau demikian, extension yg umum digunakan biasanya ada di website ini. Yg jelas, website ini mendukung konversi untuk 5 kategori format, yaitu: Document, Image, Music, Video, dan Compressed. Untuk lengkapnya, refer ke page ini. Ada bisa memasukkan lebih dari satu file yg akan dikonversi, maksimal 5 files. Tapi jika registrasi di website ini dan membayar $7-$49 per bulan, kita bisa sekaligus mengkonversi sampai maksimum 15 files.
  3. Setelah itu, tentukan jenis extension hasil akhir dari konversi. Pilihan extension ini tergantung jenis format dari file yg akan dikonversi. Jadi file dengan format Audio file hanya bisa dikonversi menjadi extension Audio yg lainnya, tidak bisa dengan format Video.
  4. Setelah itu, masukkan alamat e-mail anda. Dengan alamat e-mail ini, Zamzar akan memberi link download untuk file hasil konversi.
  5. Setelah memasukkan alamat e-mail, klik "Convert". Lalu proses konversi dimulai.
Gw udah coba sendiri. Dan untuk proses konversi dari PDF ke .doc ternyata tidak memakan waktu yg cukup lama. Untuk mengkonversi 10 halaman PDF, dalam waktu kurang dari 1 menit, Zamzar langsung mengirim e-mail ke gmail gw. Walau setelah gw buka file doc-nya tidak bisa diedit, karena memang file PDF yg gw pake native-nya bukan document, melainkan hasil scan. Jadi dalam file hasil konversi, mereka mengasumsikan ini adalah foto/hasil scan.

Fiture laen yg menurut gw ga kalah kerennya adalah, kita bisa memasukkan alamat url tertentu, lalu website ini akan mendownload dan mengkonversi ke ekstension tertentu. Fitur ini amat berguna jika kita mendownload video dari Youtube (.flv) dan mengkonversi ke file video yg laen seperti (.mpg).

Kelebihan Zamzar - Free Online File Conversion:
  1. Multi format, bisa meng-konversi document, audio, video dan compressed file.
  2. Tidak perlu men-download dan menginstall program
  3. Gratis (maksimum ukuran file 100MB, jika punya file lebih dari itu harus registrasi/bayar)
  4. Bisa download dari url tertentu dan lalu mengkonversi ke dalam extension tertentu.
Kekurangan Zamzar - Free Online File Conversion:
  1. Harus punya akses internet yg baik, lebih lagi jika file yg ingin dikonversi berukuran besar. Dial-Up user? Kayaknya sulit deh.
  2. Untuk data-data yg confidential, lebih baik jangan pake cara ini.

0 comments: