Lilypie 1st Birthday Ticker

11 December 2007

Telkomsel PeDe v.s. XL Bebas

Tanggal 10 Desember kemaren, Telkomsel meluncurkan program baru yg diberi ngaran Simpati PeDe. Diklaim Telkomsel, PeDe ini bisa dibilang percaya diri, bisa juga akronim 'Per - Detik' sesuai dengan scheme tarif yg baru dari Telkomsel khusus untuk Simpati PeDe ini. Maksudnya, dengan scheme ini, ketika menelepon sesama pelanggan Telkomsel, kita di-charge Rp 25 /detik untuk 1 menit pertama, dan mulai detik ke-61 kita dikenakan charge Rp 0,5/detik, dan ini flat tanpa pembulatan waktu per-30 detik.

Menurut gw sih ini adalah reaksi Telkomsel atas perang tarif yg marak dilakukan antar provider telekomunikasi nirkabel yg mungkin sudah sering kita lihat iklannya di televisi. Gw ga inget siapa yg mulai perang tarif ini. Tapi yg paling ketara adalah perang tarif antara XL (Rp 1/detik) dan Mentari Indosat ('katanya' Rp 0/detik) untuk kategori GSM dan antara Esia dan Fren untuk kategori CDMA.

Karena siang ini gw ga banyak kerjaan, gw iseng pengen ngebandingin antara tarif Telkomsel PeDe dengan XL Bebas. Kenapa Mentari Indosat dan CDMA ga gua masukkin? Karena gw agak kurang ngerti dengan sistem tarif Rp 0/detik dari Mentari (mungkin next time gw update termasuk Mentari) dan CDMA gw bedakan karena 'menurut' gw agak susah bandingin 'apple-to-apple' CDMA dan GSM. Karena jenis Handphone-nya beda, kualitas suaranya beda, daerah layanannya beda jauh, dll.

Oke, mulai dari XL. Sistem tarif XL menurut website XL adalah sebagai berikut.


Ternyata, tarif murah XL bebas itu juga ada 'terms & conditions'-nya. Tarif murah di atas hanya berlaku untuk di Sumatera, Jawa Barat, Sukabumi, Cianjur, Serang, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur. Untuk daerah lain seperti Jabodetabek, Bali & Lombok, dan Sulawesi beda lagi. Untuk lengkapnya bisa refer ke website XL.

Untuk Simpati PeDe, menurut website Telkomsel, skema tarif yg ditawarkan adalah untuk menelpon sesama Telkomsel, Rp 25/detik untuk 1 menit pertama dan Rp 0,5/detik dimulai dari detik ke-61.

Sepintas menurut gw, XL masih lebih murah untuk pemakaian telephone yg relatif tidak lama. Karena tarif satu menit pertama (untuk Simpati) jauh lebih mahal 2,5 kali lipat dibanding tarif dua menit pertama (untuk XL). Tapi untuk pemakaian yg relatif lama, pasti Simpati akan lebih murah, karena tarif murah Simpati 50% lebih murah dibanding XL. Tapi pertanyaannya seberapa lama kita menelpon sehingga tarif Simpati akan lebih murah dari XL?

Gw udah siappin grafik / chart di atas. Klo dilihat, Simpati PeDe akan lebih murah ketika kita memakai lebih dari 800 detik (tepatnya 780 detik) atau kurang lebih 13 menit. Uuu.. lama juga ya?

Keputusan akhir? Ya.. terserah anda.. Wong ini cuman postingan iseng mengisi waktu yang kosong.. Hehehe..

0 comments: