Lilypie 1st Birthday Ticker

17 January 2008

XL bebas sekarang Rp 0,1 / detik


Akhirnya...!!! Ini sekuel dari postingan gw sebelumnya di Telkomsel PeDe v.s. XL Bebas, ternyata baru-baru ini (16 Januari 2008), XL mengeluarkan promosi baru yg diklaim oleh XL adalah tarif termurah. Gimana ngga, tarif baru XL Bebas sekarang memang gila-gilaan, berikut kurang lebih kalimat promosinya "Rp 0,1/detik setelah 2,5 menit bagi pengguna XL bebas untuk menelpos ke SELURUH operator se-Indonesia, baik sesama XL maupun ke operator lain (PSTN dan selular), dan tarif khusus Rp 35/SMS (untuk sesama XL). Dan fasilitas ini dapat dinikmati secara otomatis oleh seluruh pengguna XL Bebas mulai tanggal 18 Januari 2008, tanpa perlu mendaftar atau membeli paket perdana khusus".

Seperti biasa, kalimat yg gw tulis di atas adalah kalimat promosi. Kalau kalimat promosi, memang biasanya harus 'menjual' agar para konsumen tertarik dan ingin mencoba. Karena ternyata tarif ini berbeda-beda di beberapa area/regionnya, menurut XL, ini tergantung pola penggunaan telelpon di masing-masing area, lengkapnya nanti kita tulis satu-satu di bawah. Sedangkan, tarif promo Rp 35/sms ini akan berlaku untuk pengiriman sms ke 11-25 hingga tanggal 30 April 2008.

Berikut tarif promo XL untuk daerah Jabodetabek, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah bagian Selatan (Solo, Klaten, Kebumen, Purwokerto, Magelan), DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan Lombok, tarifnya adalah Rp 10 / detik untuk 2,5 menit pertama dan Rp 0,1 /detik di menit berikutnya sampai menit ke-30. Kemudian di menit berikutnya dikenakan tarif Rp 1 /detik.

Untuk area Sumatera dan sekitarnya dikenakan tarif Rp 12,5 /detik di 2 menit pertama dan Rp 0,1 /detik di menit berikutnya hingga menit ke 30. Kemudian di menit berikutnya dikenakan tarif Rp 1/detik.

Berbeda dengan diatas, tarif yg berlaku di Sulawesi dan Kalimantan ada yang namanya jam sibuk dan jam tidak sibuk. Jam sibuk di Kalimantan dimulai pukul 11.00 - 22.59 WITA, sementara di Sulawesi dimulai pukul 23.00 - 10.59 WITA. Untuk jam sibuk, tarif yg berlaku adalah Rp 10/detik untuk 2,5 menit pertama dan Rp 0,1 /detik di menit berikutnya. Sementara untuk jam tidak sibuk adalah Rp 10/detik untuk 0,5 menit pertama dan Rp 0,1/detik pada menit selanjutnya.

Untuk kota-kota di Jawa Tengah bagian Utara (Semarang, Pekalongan, Tegal, Kudus, Purwodadi) dikenakan mekanisme tarif promo yang sama dengan Kalimantan termasuk masa berlakunya jam sibuk dan tidak sibuk namun mengikuti waktu Indonesia bagian barat (WIB).

Dan untuk kota-kota di NTT, Papua dan Ambon dikenakan tarif Rp 10/detik di 0,5 menit pertama dan Rp 0,1 /detik pada menit berikutnya hingga menit ke 30. Menit selanjutnya akan berlaku tarif Rp 1/detik.

Sementara telepon ke non XL secara nasional dikenakan tarif baru Rp 25/detik di 2 menit pertama dan Rp 0,1/detik di menit berikutnya hingga menit ke 4, kemudian berlaku kembali tarif Rp 25/detik di menit berikutnya hingga menit ke 6. Setelah menit ke 6 kembali berlaku tarif pertama dan kedua dengan selang waktu 2 menit.

Setelah gw ngetik tarif-tarif diatas (diketik ulang dari website XL), terus terang gw sendiri yang ngetik ngerasa bingung sama yg gw ngetik, maksud gw sistem tarif berdasarkan area dan 3 tarif yg berbeda dengan durasi waktu yg berbeda-beda (Rp 10/detik, Rp 1/detik dan Rp 0,1/detik) membuat gw harus membaca lebih dari 1 kali untuk mengerti. (Hehehe... Mungkin karena gw bolot juga sih).

Tapi anyway.. Gw mau coba bandingin lagi dengan tarif Rp 0,5/detik dari Telkomsel PeDe seperti sebelumnya untuk ngelihat mana sih yg lebih murah. Tapi enakan bikin postingan yg baru kali ya, biar agak rapih. Stay tune...

1 comments:

Arya Satria Arayana said...

XL tetap TERMURAH...... Thx

http://aryareload.blogspot.com/