Lilypie 1st Birthday Ticker

12 February 2008

Perang Iklan

Coba deh liat gambar di bawah ini. Entar benar atau bukan, tapi kayaknya sih bukan rekayasa digital (Walah... kok serasa mirip Oom Roy ya? sang 'pakar' telematika kita), tapi perang tarif sekarang ngga hanya bisa kita lihat di televisi saja.


Billboard Telkomsel Simpati yg merah 'gonjreng' menuliskan kata-kata yang sangat menohok billboard XL yg tampak mencolok dengan angka "0,1"-nya. Kata "Tetangga Sebelah" sangat pas karena memang letak kedua billboard ini saling bersebelahan. Memang billboard Telkomsel tidak secara terang-terangan menulis kata XL, tapi kita kan ngga bodoh. Belum lagi analogi-analogi warna yg sering digunakan iklan di tivi.

Kreatif? Cerdas? Mmm.. Menurut gw sih ngga. Gw sudah ngerasa iklan-iklan sekarang sudah jauh dari kreatif. Iklan-iklan yg ada sekarang malah cenderung menjelek-jelekan produk kompetitor. Konsep marketing seperti ini bukan baru. Dari dulu sudah ada namanya 'Cola Wars', yakni 'perang' antara dua produsen minuman ringan paling terkenal di dunia, yaitu Coca-cola dan Pepsi-cola. Ada juga perang iklan produk jamu Tolak Angin dan Bintangin. Apa lagi ya...?

Berapa pun banyaknya perang iklan, tetap kita juga sebagai konsumen yg berhak menentukan produk mana yg mau kita beli. Jadi.. jangan lupa 'Teliti sebelum membeli'.

3 comments:

jmzach said...

Dimana ya kira2x ke 2 reklame itu ... jadi penasaran. Comment saya idem dito ... oh ya kl tertarik silakan mampir di http://jmzach.wordpress.com [artikel: Haruskah Perang Iklan Lagi???]

Irsan said...

Udah mas.. Udah mampir.. Jadi malu sama penulis beneran. Hehehe..

Entah dimana, tapi klo diperhatikan sih billboard XL agak aneh. Gw jadi sangsi ini gambar beneran. Klo mas perhatikan, tiang supportnya cuman satu dan di pojok untuk billboard sebesar itu. Belum lagi lampu2 di atas billboard yang tidak rapih, bahkan cenderung uniform. Kayak hasil photoshop. :)

jmzach said...

penulis beneran? kan Mas Irsan juga penulis beneran to ... lihat aja blog-nya mantep [termasuk high recomended to visit :)] ... bicara ttg asli/tidaknya foto ini wah bukan wilayah saya he2x [kaya RT/RW pake wilayah2xan he2x].btw, jika itu mmg benar ... jadi penasaran pengin tahu dimana he2x